Pages

Monday, November 24, 2014

Pentingnya Konsultasi Dokter Sebelum Diet


Banyak orang melakukan berbagai cara demi mendapatkan perut yang tipis dan langsing. Beragam diet pun dilakukan, mulai dari olahraga untuk mengecilkan perut hingga diet yang bisa memberikan hasil secara cepat atau instan. Misalnya saja diet mayo yang diklaim bisa menurunkan berat badan dalam jumlah yang banyak selama masa dietnya yang 13 hari saja. Meski memang terbukti namun diet dengan waktu yang cepat ini ternyata tidak begitu baik bagi kesehatan. Diet yang baik dan sehat menurut para ahli justru adalah diet yang penurunan berat badannya terjadi secara perlahan.

Lalu dari manakah kita tahu suatu diet merupakan diet yang baik dan sehat? Salah satu caranya adalah dengan berkonsultasi kepada dokter sebelum melakukannya. Dokter kita pastinya sudah mengetahui kondisi kesehatan kita secara menyeluruh dan bisa menilai apakah diet tersebut cocok atau tidak dengan kondisi kita.
Konsultasi dokter sebelum diet

Jangan malu
Meski banyak yang sudah mengetahui pentingnya berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan diet, namun masih banyak orang yang tidak melakukannya. Kebanyakan orang merasa sedikit malu dan tidak nyaman ketika harus berkonsultasi kepada dokter mengenai berat badannya.
Namun, seharusnya kita jangan merasa malu akan hal ini. Apalagi ketika berat badan kita sudah mempengaruhi keadaan hidup kita, maka sudah saatnya meninggalkan rasa malu ini dan mulai berkonsultasi secara jujur dengan dokter. Ingat selalu jujur saat berkonsalti dengan dokter dan jangan menyembunyikan apapun.

Siapkan pertanyaan
Jangan lupa untuk mempersiapkan segala pertanyaan penting terkait diet yang akan dijalankan nanti kepada dokter. Beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan misalnya saja:
  1. ·         Apakah saya benar-benar harus menurunkan berat badan?
  2. ·         Berapa banyak yang harus diturunkan?
  3. ·         Apakah kondisi kesehatan saya berhubungan dengan berat badan saya?
  4. ·         Apakah saya beresiko untuk memiliki masalah kesehatan lainnya karena berat badan ini?
Selain kita bertanya, dokter juga biasanya akan bertanya kepada kita. Misalnya saja berapa kita makan sehari, apa saja yang dimakan, kita makan di mana saja, dan sebagainya. Jawaban yang kita berikan bisa membantu dokter untuk mengetahui kondisi nutrisi tubuh kita. Karenanya akan lebih baik bila kita memiliki ‘food diary’ atau ‘buku catatan makanan’ yang bisa membantu kita mengetahui apa saja yang kita makan.

Dengan berkonsultasi kepada dokter sebelum melakukan diet, pastinya kita akan mendapatkan informasi lebih sekaligus lebih aman dalam menjalankan diet. (raw)

No comments:

Post a Comment